Modem Baru: USB Stick Huawei E180

Huawei bersiap menghadirkan USB Stick E180 di Indonesia. Meskipun kecil, modem ini ternyata punya kemampuan yang cukup mengagumkan. Bagi pengguna akses internet nirkabel 3G, jelas modem ini sangat pas untuk bersanding dengan netbook maupun laptop jinjingan Anda. Meskipun bobotnya kecil, dengan dimensi tebal 10 mm×2 cm×10 cm dan berat 40gram, namun modem ini sanggup mendukung koneksi jaringan GSM, GPRS, EDGE, UMTS 3G, sampai HSPA.

Sejatinya, kecepatan untuk mengunggah (
upload/uplink) yang bisa diraih bisa sampai 7,2 Mbps, dan mengunduh (download/downlink) maksimal 5,76 Mbps.

Namun sayangnya, kecepatan yang bisa diraih saat modem dites untuk akses internet 3G/HSDPA, tak seperti yang dijanjikan. Kendalanya ada di koneksi jaringan operator. Akses harusnya bisa berjalan baik jika jaringan 3G tak sering putus sambung. E180 sendiri dilengkapi dengan penghubung USB yang dapat diputar-putar sampai 270 derajat, dan bisa beroperasi dengan baik di sistem operasi Microsoft Windows (2000/XP/Vista) dan Apple Mac OS X.
Fitur lain yang menarik dari modem ini adalah kemampuannya untuk digunakan sebagai flash memory. Dengan adanya slot MicroSD yang mendukung kartu memori hingga 8GB, E180 ternyata dapat digunakan sebagai media penyimpan dokumen, musik atau film.
Selain itu, modem USB ini juga mendukung berbagai fitur layanan seperti SMS/MMS, PC voice, buku telepon, flow display dan statistik koneksi jaringan. Belum jelas kapan Huawei akan merilisnya di Indonesia. Pun, demikian dengan harga yang akan ditawarkan ke pasar. Yang pasti, modem ini dinilai cukup baik saat ajang Asia Mobile Award 2008.
Huawei E180 diganjar 'Best Mobile Broadband Handset Device Award' saat event tersebut berlangsung di Macau, China, tahun lalu.


Backlink to:
http://www.detikinet.com/read/2009/05/16/151448/1132516/406/biar-kecil-tapi-jagoan




0 comments: