Tutorial desain: Cara Menyeleksi Objek Gambar Pada Photoshop

Pada tutorial desain kali ini mocca ingin memberikan trik photoshop yang merupakan basic dari desain photoshop yaitu bagaimana cara menyeleksi ataupun memilih suatu objek yang memiliki beberapa model background sehingga kita dapat mengcopy objek tersebut saja dan mngindahkan objek yang lain.
Beberapa orang mungkin ini adalah salah satu cara mudah namun jika kita tidak pintar dalam menyeleksi suatu gambar ataupun objek, maka kita tidak akan mendapatkan hasil desain yang maksimal. Maka beberapa trik berikut ini mungkin sedikit membantu anda dalam teknik menyeleksi gambar walaupun mocca sendiri tahu bahwa mocca hanyalah seorang newbie. Berikut trik cupu dari mocca, Check This Out:


Trik 1: Magic Wand Tool (W)

Jika kalian ingin menyeleksi objek yang memiliki warna background yang hampir merata seperti gambar di atas, maka cara paling mudah adalah mengggunakan tool Magic Wand Tool (W). Caranya anda klik pada warna putih sebagai warna merata tersebut sehingga muncul titik2 pada sisi pada gambar wanita tersebut. Jika terdapat warna bg yang belum terseleksi maka anda tekan Shift + klik pada daerah yang belum terpilih, dst. Setelah itu anda pilih select---inverse. Kemudian ctrl + C untuk mengcopy objek wanita tersebut, dan dapat anda paste di later yang anda inginkan.
Ctatan: jika belum terlihat halus kalian bisa ganti tolerance pada tab Magic Wand Tool dan juga bisa pake feather.


Trik2: Pen Tool
Trik yang kedua kebalikan dari trik pertama, dimana kita menggunakan pen tool (warna hijau)untuk menyelekssi sisi2 dari objek yang ingin kita pilih. Setelah tertutup seleksi kita maka kita klik tab Path (warna ungu) kemudian kita ctrl + klik workpath tersebut sehingga muncullah titik2 yang memutari sisi2 objek tersebut.


Kemudian kalian pilih select ---inverse, kemudian anda tekan tombol delete. Sehingga akan tampak objek seperti ini:




Trik3: Lasso Tool
Sama seperti trik2 anda pilih Lasso tool (warna biru) pada palette di samping, kemudian klik pada sisi2 objek. Setelah terpilih sama juga kalian select inverse kemudian delete.




Trik 4: Layer Mask
Pastikan objek yang anda akan seleksi merupakan suatu layer (jika masi dalam bentuk background anda klik 2 kali pada palette, kemudian rubah menjadi layer 0). Setelah itu pilih layer objek tersebut kemudian klik add layer mask pada palette (warna hijau) kemudian kalian pilih brush (warna ungu) soft, dan warna brush tersebut warna hitam. kemudian anda sapukan brush tersebut pada daerah di luar objek, dan jika kalian mengalami kesalahan dalam menyeleksi anda dapat menggunakan waran putih untuk mengembalikannya kembali.
kemudian untuk memilih objek dapat anda lakukan menggunakan trik2 sebelumnya.
Ingat!!!
Hitam untuk menghilangkan dan puutih untuk mengembalikannya.



Trik 5: Extract
Trik ini biasanya mocca gunakan jika ingin menyeleksi objek dengan banyak lekukan, seperti rambut, atapun objek yang berenda. Pertama kalian buka objek yang anda pilih kemudian anda klik filter---extract. Akan muncul kotak interface. Di sini mocca ingin mengambil objek mulut dari zombie berikut ini (hiks hiks jadi ingat Resident Evil, kapan ya maen game itu lagi). ups...Kembali ke triknya, setelah muncul kotak interface anda highlight daerah sekitar mulut. Setelah selesai kalian brush pada tengah2 objek yang dipilih. Kemudian anda tekan OK.


Maka akan tampak mulut yang kalian seleksi.


Semoga Bermanfaat.
Jangan lupa Commnet ya...

3 comments:

onedie mengatakan...

aQ kan baru bljar PS, !! kurang rinci tUch TutorialNya...makLum rada ThelMe..he he
Biarin ah ThelMe yg Pnting Mo Blajar...

Thank tipsNya Bagus2..

moccainside mengatakan...

Bagian mana niih yang kurang rinci..
makasi kritikannya..
mohon mocca diberi tahu bagian mana biar mocca bisa perbaiki..

Aku juga baru belajar kok..
jadi share juga dan perlu kritikannya

Must cahyo mengatakan...

mau menambhakan yg dimaksud yg diatas mungkin juga saya alami.
maksudnya itu gambarnya per perintah,
jadi misalkan disuruh klik ini maka tampilkan yg diklik apa?trus akan muncul interface seperti ini, nah di snapshot lagi tampilan seperi apa,
dst dst.
jadi pictnya gk satu aja, jadi mirip betul ma turorial buat beginner.