Tips Komputer: Mengelola Banyak Akun Jejaring Sosial Dalam Satu Situs

Wah, repot sekali rasanya memantau banyak akun jejaring sosial. Harus bolak-balik halaman setiap akun. Belum lagi mengolah atau membalas respon rekan — membaca informasi baru saja mungkin sudah sangat merepotkan.

Mengapa tidak menggabungkan semua akun layanan jejaring sosial tersebut menjadi satu agar memudahkan Anda mengaksesnya dalam sekali waktu? Kini banyak layanan social aggregator yang akan membantu Anda memantau serta mengelola banyak akun social networking sekaligus.

Bentuk social aggregator ini ada yang berupa website layanan, dan ada pula yang berupa aplikasi desktop. Fungsinya sama, yakni memantau dan mengelola setiap aktivitas yang terjadi di akun jejaring sosial Anda.

Untuk membantu mengontrol akun, layanan social aggregator akan meminta Anda menyerahkan nama akun jejaring sosial yang dipantau. Ada beberapa pula layanan yang meminta password untuk pengaksesan setiap akun. Ini artinya, data pribadi Anda juga terbuka bebas oleh pengelola, meskipun dalam prakteknya, pengaksesan ini dijalankan oleh mesin komputer, bukan secara manual oleh pengelola layanan social aggregator.

Nah, jika Anda merasa tidak nyaman akan hal ini, pilihlah layanan atau aplikasi yang hanya berfungsi sebagai pemantau aktivitas akun jejaring sosial, bukan pengelola penuh. Salah satu layanan social aggregator yang berfungsi sebagai pemantau adalah SosialURL (beralamat di www.socialurl.com). Banyak jejaring sosial yang didukungnya. Selain bisa memantau, Anda dapat pula sekaligus menjadi anggota situs web yang juga berlaku sebagai jejaring sosial ini.

Ini caranya:

1. Buka alamat www.socialurl.com, lalu klik tombol [Sign Up!]. Layanan ini gratis untuk digunakan. Di halaman berikutnya, isilah formulir yang tersedia untuk melakukan registrasi. Jika sudah komplet, klik [Sign Up]. Ingatlah username dan password.

2. Notifikasi akan dikirimkan ke alamat e-mail Anda (yang diisikan di formulir registrasi). Untuk langsung masuk ke akun, klik [Sign In] dan isikan username dan password yang Anda pakai.

3. Anda akan disuguhi sebuah wisaya untuk melengkapi data diri di akun SocialURL, mulai dari foto, tagline, nama aku instant messaging, hingga mengatur tampilan akun. Setiap kali selesai mengatur wisaya, jangan lupa klik [Save].

4. Jika sudah, akan ditampilkan halaman "SocialURL of (nama Anda)". Untuk memasukkan akun jejaring sosial Anda yang lain, pilih [Click here] di menu "SocialWeb". Pada halaman berikutnya, klik [Add Social Site]. Pilih salah satu jejaring sosial yang dilanggani di halaman berikutnya, semisal Facebook.

5. Anda akan diminta memasukkan URL (alamat) dari profil akun Anda di Facebook tersebut. URL ini bisa didapatkan dengan login ke akun Facebook, buka halaman profil, lalu salin alamat profil Anda di kotak alamat website di browser. Kembali ke halaman SocialURL, masukkan alamat profil akun Facebook, lalu klik [Add].

6. Anda bisa menambahkan akun jejaring sosial lainnya, seperti Friendster, Flickr, Yahoo! 360, MySpace, Orkut, dan lainnya dengan cara yang sama. Jika proses memasukkan akun jejaring sosial sudah selesai, pindahlah ke halaman utama akun SocialURL dengan mengklik [My Social].


7. Di sini Anda bisa berinteraksi dengan sesama pengguna SocialURL lewat menu-menu di halaman utama. Untuk memantau akun jejaring sosial yang Anda miliki (dan telah Anda masukkan di daftar social Site), klik [View My Social URL].

8. Di halaman yang muncul, klik akun jejaring sosial yang hendak dipantau. Di halaman berikutnya, halaman akun Anda di jejaring sosial yang lain akan ditampilkan dalam sebuah frame terpisah. Di sini, Anda hanya bisa memantau info baru, tapi tidak untuk mengelolanya.

0 comments: