RSS tuh apa ya???


BAru belajar membuat blog membuat aku jadi awam banget tentang apa aja yang berhubungan dengan software, widget ataupun aplikasi yang sering digunakan oleh para blogger. Dengan berbekal ilmu seadanya dari seorang Nubie blogger, akhirnya aku mencoba untuk searching apa aja yang seharusya para blogger seperti MoccaInside lakukan. Salah satunya adalah RSS. Pertama berpikir dengan ancur, RSS merupakan singkatan dari Rumah Sangat Sempit (kayak laguna sapa ya, Lupa)..
Namun karena penasaran akhirnya search aja di om Google, dan ternyata arti dari RSS sebenarnya tidak beda jauh dari yang kupikirkan awalnya, yaitu tadi Rumah Sangat Sempit.
RSS atau Really Simple Syndication merupakan suatu halaman situs yang simple (baca: sempit), jadi begini, secara mudahnya seperti kita memiliki info update dari hal2 yang ingin kita tahu dari situs favorit anda dengan sekali klik saja. Di RSS kita dapat mengetahui info terbaru dari situs kesayangan anda tanpa harus membuka alamat web tersebut satu persatu. Hal ini mempermudah anda, tanpa harus memberikan bookmark pada komputer anda.Secara simple, anda dapat dimisalkan jika anda adalah seorang yang suka membaca koran (baca: web, situs), maka RSS adalah pengantar koran yang mengantarkan koran tersebut kepada anda. Jadi anda tinggal duduk minum kopi sembari merokok, dan info itu akan datang sendiri secara otomatis pada anda.

Bagaimana cara menggunakannya??

Untuk menggunakan RSS saat ini semakin mudah. Anda klik icon RSS yang berbentuk seperti radar oranye seperti icon di atas..

Jika Anda ingin mendapatkan update terbaru situs atau blog favorit Anda, cukup klik kiri RSS button yang ada di situs atau blog tersebut. Setelah masuk ke halaman "Current Feed Content" (untuk yang menggunakan layanan FeedBurner), silahkan klik kiri tombol RSS Reader yang Anda kehendaki. Saya menyarankan pergunakanlah yang paling mudah dan familiar, misalnya My Yahoo atau Add to Google.

Setelah meng-klik tombol RSS Reader yang Anda pilih dan tombol "Subscribe", untuk My Yahoo Anda akan dibawa ke halaman My Yahoo. Klik kiri tombol "Add to My Yahoo".

Untuk Google, Anda akan dibawa ke halaman Add to Google. Ada dua pilihan dimana Anda akan menerima feed: "Add to Google Homepage" atau Add to Google Reader". Silahkan klik kiri mana yang Anda sukai. Saya pribadi lebih senang menggunakan Google Homepage sehingga feed semua situs yang saya subscribe tampil di halaman iGoogle saya.

Jadi jika anda ingin,bukan hanya ingin tapi harus, memiliki suatu aplikasi yang memudahkan anda membaca info terbaru dari situs langganan anda maka saya sarankan pasang RSS di Komputer ataupun di Blog anda. Bisa juga lho, dapatin duid jika dipasang di Adsense Blogger anda..

So simple kan...

Diambil dari www.blogguebo.com...

0 comments: